Petani Milenial dan Kartu Tani Resmi Diluncurkan, Bupati Kabupaten FakFak dan Stafsus Billy Mambrasar Apresiasi Gerakan Papua Muda Inspiratif

Tepat seminggu setelah meluncurkan Petani Milenial pada tanggal 18 Agustus di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Rabu (25/ 8), Petani Milenial dan Kartu Tani resmi hadir di Kabupaten FakFak, Provinsi Papua Barat.

Sebagai kegiatan kolaborasi dari Kementerian Pertanian, Provinsi Papua Barat, Kabupaten FakFak dan Papua Muda Inspiratif, Petani Milenial hadir sebagai salah satu bentuk nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan juga menginspirasi para generasi muda bahwa bertani itu keren!

Peresmian ini ditandai dengan pemukulan Tifa bersama oleh Bapak Untung Tamsil selaku Bupati Kabupaten FakFak dan Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia.

Simon Tabuni selaku Koordinator Papua Muda Inspiratif area Papua Barat menyampaikan sambutan secara virtual terkait perkembangan program yang pertana kali diluncurkan pada bulan Mei tahun ini di Kabupaten Manokwari dan telah berhasil menciptakan 1000

petani muda baru. “Dalam Millennials Agriculture Project sebagai strategi dalam menjalankan program ini, terdapat 4 cluster petani mulai dari Zero to Farmer hingga Agripreneur to Exporter di mana penggunaan internet dan kemajuan teknologi sangat berperan penting sehingga menjadikan tren bahwa bertani itu keren dan bukan hanya pada on saja tapi juga off farm,” Jelas Simon.

Kepala BPPSDM Kementerian Pertanian RI, Bapak Prof. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr hadir secara virtual memberikan pemaparan terkait 5 Cara Bertindak (CB) untuk meningkatkan sektor pertanian nasional. “Pada CB 4 terdapat pengembangan pertanian modern atau smart farming di mana, penggunaan alat pertanian modern dan Internet of Things sangat berperan dalam tahap ini sehingga para petani nantinya akan mendapatkan penghasilan sendiri,” Papar Prof Dedi. Lebih lanjut beliau juga menjelaskan Kementerian Pertanian mengajak Instansi lain untuk bekerja sama dalam menciptakan 2.5 juta petani milenial. Salah satunya bekerja sama dengan Dirjen Vokasi untuk masuk ke dalam program di perguruan tinggi.

Antusias dan dukungan juga diberikan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Barat, Bapak Yacob. S. Fonabata secara virtual. Dengan hadirnya program Petani Milenial dia Kabuten FakFak dan dua Kabupaten lain nya, diharapkan dapat mengajak pemuda di Provinsi Papua Barat khususnya untuk tidak malu bertani dan bisa menjadi wirausaha.

Bapak Untung Tamsil, Bupati Kabupaten FakFak berikan apresiasi kepada Papua Muda Inspiratif dan Billy Mambrasar sebagai putera asli Papua untuk mendorong sektor pertanian di Kabupaten FakFak dengan hadirnya Petani Milenial di Papua Barat dan diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah Papua.

Kegiatan ini ditutup oleh pemaparan dari Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI yang secara aktif mendukung program Kementerian Pertanian ini. “Saya sudah menganggap FakFak sebagai rumah ke- 2 saya. Sejak tahun 2016 saya melatih bisnis dan kewirausahaan para pemuda di FakFak dan mendirikan Komunitas Belajar di Tahun 2018. Pada hari ini saya ucapkan selamat dan sukses kepada teman-teman dari Papua Muda Inspiratif yang secara giat dan konsisten dalam mendorong program Petani Milenial ini,” Tutup Billy Mambrasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *