Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Merauke meresmikan Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial Kab. Merauke

Setelah sebelumnya Pelatihan Kewirausahaan Petani Milenial diresmikan oleh Menteri Syahrul Yasin Limpo untuk Provinsi Papua Barat di Kabupaten Sorong, hari ini Bimtek Petani Milenial juga dilakukan di Kabupaten Merauke Provinsi Papua.

Pertanian merupakan sektor penyerap tenaga kerja paling banyak, di Papua dan Papua Barat. Lebih dari 60% anak muda terjun dan bergelut di sektor ini. Melihat kepada negara maju lainnya seperti Selandia Baru atau Belanda dimana kemajuan perekonomiannya didorong oleh sektor pertanian berbasis teknologi modern dan anak muda, maka Papua juga bisa mendorong Indonesia menjadi negara maju dalam sektor ini.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pertanian Bagi Petani Milenial di SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai (SMA ECA) Kab. Merauke telah dibuka secara resmi oleh Ibu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Merauke didampingi oleh Kepala Sekolah SMA ECA, perwakilan Pusdiktan, BBPP Ketindan dan Pak Simon dari SMK 1 Tanah Miring.Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang (30 Petani Milenial Merauke dan 30 Siswa SMA ECA).

Dengan adanya pembekalan melalui Bimtek Kewirausahaan ini diharapkan kepada Petani Milenial dapat menjadi Petani yang maju, modern, entrepreneurial, bahkan exporter. Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo bahwa Tujuan Petani Milenial tidak hanya untuk dapat meningkatkan volume panhan di Indonesia dan Papua, tetapi juga taraf hidup petani yang juga akan menjadi harapan bagi petani-petani generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *