Peserta Pelatihan Program Link & Match Pebisnis Muda Lokal mampu Mengembangkan Model Usaha Mereka dari Materi yang Disampaikan oleh Para Best Practices

Jakarta (29/ 11) – Pelatihan Program Link & Match Pebisnis Muda Lokal yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi Republik Indonesia bersama gerakan Papua Muda Inspiratif dan Yayasan Kitong Bisa pada 2 – 4 November lalu, terus mendapatkan respon positif dari para pesertanya.

Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta ini, bertujuan untuk menghubungkan antara para pelaku wirausaha muda lokal Papua dengan para calon investor. Secara teknis, Link & Match serupa dengan sebuah show di Inggris yaitu Shark Tank dan Dragon’s Den. Selama pelatihan yang berlangung tiga hari tersebut, dihadirkan para best-practice untuk memberikan materi dan modul yang berkaitan dengan membangun, menjalankan serta mengembangkan usaha.

Salah satu anak muda pelaku usaha budidaya Jamur Tiram asal Sorong – Papua Barat, Frenki Duwith, merasakan manfaat dengan mengikuti program ini yang akan ia terapkan bagi usaha Jamur Tiram nya yang merupakan satu-satunya di Tanah Papua. “Dari para pemateri, saya belajar dan akan menerapkan untuk mengembangkan usaha saya agar lebih maju lagi. Saya yakin dengan model usaha yang lebih terkonsep, budidaya Jamur Tiram yang saya jalankan akan dikenal lebih luas. Juga saya berharap dapat bertemu calon investor yang tertarik akan usaha ini,” Ungkap Frenki Duwith.

Dari Merauke, ada Fransica Xaveria Douw yang memiliki usaha aneka ragam rajutan Papua. Pelatihan Program Link & Match tidak hanya mengajarkan Fransica tentang produksi dan promosi usaha, tetapi juga kebijakan dalam penanaman modal, yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya. “Saya belum tahu banyak tentang kebijakan dalam penanaman modal sebelumnya dan belajar banyak dari materi yang disampaikan oleh narasumber,” Ujar Fransica Xaveria Douw.

“Tips and trick yang disampaikan para materi, membuat saya lebih mudah memahami konsep dan mengaplikasikanya,” Ungkap Fiktoria Tumuka. Ia mengapresiasi kehadiran para best-practice dalam memberikan materi di Program Link & Match Pebisnis Muda Lokal tersebut.

Setelah mengikuti program pelatihan, para ratusan tersebut akan diseleksi menjadi  30 peserta terpilih yang nantinya akan bertemu dengan calon investor. Dalam proses seleksi tersebut, setiap peserta diwajibkan untuk mengisi Rencana Tindak Lanjut (RTL). Pada RTL tersebut, seluruh peserta akan menjelaskan secara detail tentang usaha mereka. Mulai dari Ideation, Prototyping, Product Launching, Business Launching, Business Growth/Next Level Funding. Pengumuman 30 peserta terpilih tersebut akan dilakukan pada tanggal 30 November 2021 melalui media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *