Kitong Bisa Learning Centre (KBLC) Jayapura

Kitong bisa Learning center was started with a small day teaching classes outside of Mr.Mambrasar's House. Then kids start coming and the class was getting big and bigger. Starting from the big outdoor class activities, as the kids number was growing, it was then decided to make the classes outside the house into formal classrooms. This first classroom was then evolving into learning center which is now serving almost 100 students every term. All the classes are provided for free, targeting the low economic status kids. The learning center is located in a very exotic island, at the most eastern part of Indonesia, which is very beautiful with the sea, beaches, and the natural scene of trees and greens. It is also a home of very rare species such as the Bird of Paradise, and a big tropical turtle. However, the people live on the island are amongst the poorest in the region. Furthermore, access to quality education especially English language for most kids are hard.

KBLC Jayapura is one of 7 learning centers spread across Papua and West Papua. KBLC Jayapura has also collaborated a lot with the government and the private sector in the management of learning centers. Until now, many children are studying at KBLC and teaching and learning activities are carried out almost every day.

Ratusan Kado Natal dari Hotel Mercure Jayapura untuk Anak-anak Kitong Bisa

Rasa senang dan suka cita terpancar dari senyum lepas anak-anak didik Yayasan Kitong Bisa ketika menerima Kado Natal sebanyak 1.189 buku dari Hotel Mercure Jayapura. Pada hari Minggu 26 Desember kemarin ribuan buku tersebut secara resmi diserahkan oleh Hotel Mercure Jayapura kepada Kitong Bisa Learning Center (KBLC) Jayapura yang datang sebagai perwakilan untuk menghadiri kegiatan CSR yang bertemakan, "Hari Ini Sa Baca, Besok Sa Pimpin Papua." General Manager Hotel Mercure Jayapura Bapak T. Ben Alhajj secara langsung menyerahkan hadiah Natal tersebut.

Alfred Rumbekwan selaku Kordinator KBLC Yapen dan Rosalia Benyamin salah satu Pendiri Kitong Bisa Jayapura menyatakan bahwa kegiatan sangat baik ini adalah kado Natal terindah bagi anak-anak di Kitong Bisa. Ribuan buku tersebut akan sangat mendukung Kegiatan Belajar Mengajar di KBLC dan minat baca yang tinggi para anak didik.

"Seperti pepatah lama 'Buku adalah Jendela Dunia', sangat tepat Hotel Mercure Jayapura melakukan aksi CSR seperti ini. Ribuan buku donasi yang nantinya akan kami distribusikan lagi pada titik-titik belajar, sejalan dengan tujuan utama acara yaitu menumbuhkan minat baca di Tanah Papua. Hal ini bisa dimulai dari anak-anak." ungkap Rosalia Benyamin.

"Anak-anak senang sekali ketika mereka tahu akan dapat banyak buku bacaan baru dan merayakan Natal di Hotel Mercure Jayapura. Mereka datang dengan penampilan rapi yang sudah mereka persiapkan dari jauh-jauh hari," tambah Alfred Rumbekwan. Setelah kegiatan penyerahan donasi buku, anak-anak didik Kitong Bisa Learning Center (KBLC Jayapura) beserta pengurus juga dijamu pada Christmas Dinner Hotel Jayapura bersama dengan para donatur dan tamu-tamu yang lain. Buku-buku tersebut merupakan sumbangan dari para tamu Hotel Mercure Jayapura yang hadir dalam acara Christmas Dinner juga dua donatur utama yaitu Gramedia Jayapura dan Andi Offset. Penggalangan buku tersebut sendiri telah dilakukan sejak tanggal 1 Desember 2021.



Dijelaskan oleh Bapak T. Ben Alhajj kegiatan donasi buku dalam momen Natal ini merupakan bentuk kepedulian Hotel Mercure Jayapura terhadap minat baca masyarakat di wilayah Papua. "Kami selaku pihak hotel mengharapkan promo Natal ini dapat membawa berkah yang baik melalui donasi buku khususnya bagi masyarakat di tanah Papua," ujar General Manager Hotel Mercure Jayapura tersebut.

Sebelumnya, di tanggal 11 Desember 2021 Billy Mambrasar selaku CEO dan Founder Yayasan Kitong Bisa, melakukan Live Instagram bersama dengan Hotel Mercure Jayapura. Sosok yang akrab dipanggil dengan Kaka Billy ini, berbagi cerita mengenai perjalanan Yayasan Kitong Bisa serta program-program yang dilakukan untuk memajukan pendidikan non-formal di Tanah Papua melalui Kitong Bisa Learning Center (KBLC) yang tersebar di Papua dan Papua Barat.

Grindis Ayomi, salah satu anak didik di KBLC Jayapura, yang aktif mengikuti setiap kegiatan belajar menyatakan rasa suka citanya bisa berkesempatan hadir dalam acara makan bersama di Hotel Mercure tersebut. Gadis asli Papua yang bercita-cita menjadi dokter ini, aktif mengikuti giat belajar mengajar di Kitong Bisa Learning Jayapura sejak berusia 4 tahun. "Sa senang sekali bisa merasakan suasana Natal di Hotel bersama teman-teman dan kakak-kaka yang lain. Sa juga sudah tidak sabar baca buku-buku yang diberikan. Liburan saya bisa bermanfaat dengan membaca buku-buku baru," kata Grindis Ayomi mengekspresikan rasa senangnya.

COO Pendidikan Yayasan Kitong Bisa Yolanda Febiola, ungkapkan terima kasih atas kepedulian Hotel Mercure Jayapura terhadap pendidikan di Tanah Papua dan mempercayakan Yayasan Kitong Bisa untuk terlibat dalam kegiatan baik ini. "Mewakili Yayasan Kitong Bisa, saya berterima kasih dan apresiasi Hotel Mercure Jayapura yang peduli dengan pendidikan di Tanah Papua. Nantinya buku-buku tersebut akan kami bagikan di titik-titik pusat belajar kami. Kami yakin, anak-anak akan senang sekali dengan hadiah Natal ini dan tidak sabar untuk segera membaca buku-buku baru tersebut. Ke depannya, kami juga berharap hubungan kerja sama baik antara Yayasan Kitong Bisa dan Hotel Mercure Jayapura dapat terus berlanjut," ungkap Yolanda Febiola dalam rilis yang diterima.

Visit Social Media of KBLC Jayapura

Donate now